Pages

Jumat, 28 Januari 2011

SEBUAH REFLEKSI


Mungkin bagi orang yang sering mengelola batinnya kata refleksi bukanlah hal yang asing. Refleksi merupakan sebuah pembelajaran batin untuk mencapai hal yang lebih baik dari sebelumnya.
Pernahkah kita berfikir bila setiap nafas memiliki harga ? tentu kalau hal tersebut terjadi banyak sekali orang yang akan mati karena kekurangan nafas. Hal tersebut dapat terjadi karena tidak semua orang memiliki uang untuk membeli nafas. Andai saja setiap orang di dunia dapat merefleksikan bagaimana anugrah Tuhan lewat nafas kita, tentu setiap orang akan mampu mengembangkan dirinya lewat refleksi-refleksi yang hadir di dalam dirinya.
Seseorang pernah berkata pada saya, “Rajinlah menulis refleksi dalam pengalaman setiap hari. Kelak seiring berjalannya usia kamu, suatu saat kamu akan menemukan sebuah hal yang tidak pernah kamu bayangkan dalam kehidupan kamu di hari yang lalu.”
Sesungguhnya kita dituntut untuk berefleksi tidak hanya pada saat kita masih bernafas saja. Saat kita di panggil Tuhan nanti kita masih dituntut untuk terus berefleksi. Apa hal yang kita refleksikan ? tentunya Tuhan akan menyuruh kita merefleksikan bagaimana sikap hidup kita saat kita masih berada di dunia ini. Tuhan pasti akan menyuruh kita menilai diri kita masing-masing. Apakah kita sudah menjalani hidup dengan baik atau belum sama sekali.
Memang dalam menjalankan dan merefleksikan pengalaman hidup bukanlah suatu hal yang mudah. Butuh suatu kebiasaan yang harus kita kembangkan agar diri kita benar-benar bisa merefleksikan pengalaman dan kita terapkan di kehidupan sehari-hari. Namun jika kita memang memiliki niat yang besar untuk berefleksi kita bisa mencoba hal tersebut sedikit demi sedikit. Dari hal yang kecil tersebut akan menghasilkan buah yang besar yang akan mengubah total hidup kita.


By: Brillian ^.^

0 komentar:

Posting Komentar